Kamis, 11 Agustus 2016

contoh RPP k13 biologi kelas x materi virus



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                              :    SMA
Mata Pelajaran                    :    BIOLOGI
Kelas / Semester                 :    X / GASAL
Materi                                 :    VIRUS
Kurikulum                          :    KUR 2013       
Alokasi Waktu                   :    4 x 45 jam pelajaran
A.      Kompetensi Inti              
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3. 4
Menganalisis struktur dan replikasi, serta peran Virus dalam aspek kesehatan masyarakat 
3.4.1        Menjelaskan struktur Virus.
3.4.2        Menyebutkan tahapan fase replikasi Virus.
3.4.3        Menjelaskan proses yang terjadi pada tiap tahapan fase siklus litik Virus.
3.4.4        Membandingkan siklus Litik dengan Siklus Lisogenik Virus.
3.4.5        Memberikan contoh-contoh penyakit pada manusia yang disebabkan Virus.
3.4.6        Menjelaskan tentang gejala penyakit dan cara-cara pencegahan terhadap penyakit akibat Virus ( penyakit Aids, Flu, Demam berdarah, Campak dll )
4.4 
Melakukan kampanye tentang bahaya virus dalam kehidupan terutama bahaya AIDS berdasarkan tingkat virulensinya melalui berbagai media informasi.

4.4.1        Membuat  poster tentang bahaya AIDS berdasarkan tingkat virulensinya.
4.4.2        Melakukan kampaye tentang bahaya AIDS.


C.      Materi Pembelajaran
·         Struktur Virus
·         Tahapan fase replikasi Virus.
·         Proses yang terjadi pada tiap tahapan fase siklus litik Virus.
·         Proses replikasi ( siklus Litik dan Lisogenik) Virus .
·         Contoh penyakit pada manusia yang disebabkan Virus.
·         Gejala penyakit dan cara-cara pencegahan terhadap penyakit akibat Virus ( penyakit Aids, Flu, Demam berdarah, Campak dll ).
·         Bahaya AIDS berdasarkan tingkat virulensinya.

D.      Kegiatan Pembelajaran
       Pertemuan 1
a.    Kegiatan Pendahuluan

·         Guru memberikan salam, berdoa bersama, memeriksa kehadiran dan kesiapan siswa.
·         Guru memberikan pertanyaan pancingan kepada siswa, Apakah kalian hari ini merasa sehat ?  Penyakit apa yang biasanya menjangkiti kalian saat musim hujan ? apa penyebab penyakit tersebut ?
·         Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan manfaatnya dalam kehidupan sehari hari.
·         Guru menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan siswa dengan membentuk kelompok.
b.    Kegiatan inti

·         Guru menunjukkan gambar berbagai kasus penyakit yang merebak akhir-akhir ini yang disebabkan oleh Virus seperti influenza, Aids, dan Flue burung dan juga menunjukkan gambar berbagai macam Virus.
·         Siswa diminta mengamati gambar dan menanya.
·         Guru menampung pertanyaan yang dibuat kelompok siswa dan  mengarahkan pertanyaan nya tentang ; Bagaimana struktur tubuh Virus, Bagaimana cara perkembangbiakannya, Bagaimana cara penularan dan pencegahan penyakit tersebut.
·         Guru menunjukkan gambar Virus dan gambar Replikasi Virus.
·         Siswa mengamati gambar  proses replikasi Virus pada organisme hidup.
·         Kelompok siswa diminta mencari informasi dari berbagai sumber untuk mencari tahu seputar pertanyaan yang diajukan.
·         Siswa dalam kelompoknya mendiskusikan hasil informasi.
·         Guru meminta wakil kelompok menyampaikan informasi yang diperoleh.
·         Siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang : struktur Virus, replikasi virus dan cara pencegahan penyakit dampak virus dalam kehidupan sehari-hari
·         Siswa dari kelompok lain mencermati kegiatan presentasi dan mengajukan pertanyaan.
·         Guru menilai keterampilan siswa dalam mengajukan pertanyaan

c.    Kegiatan penutup


·   Guru bersama siswa menyusun kesimpulan hasil dari diskusi kelas.
·   Guru menugaskan siswa untuk mencari informasi tentang tentang gejala penyakit dan cara-cara pencegahan terhadap penyakit akibat Virus ( penyakit Aids, Flu, Demam berdarah, Campak dll ).

E.      Teknik Penilaian
       Pertemuan 1
Ø  Pengetahuan :
·         Tes  lisan dalam bentuk kuiz ( instrumen terlampir )
·         Ulangan Harian ( instrumen terlampir )
       Pertemuan 2
Ø  Ketrampilan :

F.       Media/Alat, bahan, dan Sumber Belajar
       Media /Alat : Gambar Virus, gambar Proses Replikasi Virus.
       Bahan : LKS
       Sumber belajar : buku, Internet.
      
   
                                                                                                      …………………….. 2016
Yang Mengesahkan                                                                                   Penyusun
Kepala SMA                                                                                  Guru Mata Pelajaran Biologi



…………………………………..                                                   …………………………….
NIP. 1                                                                                            NIP. 1

















Lampiran 1 Materi Pembelajaran
Deskripsi :

Struktur Virus :
·         Terdiri atas materi genetik berupa DNA atau RNA.
·         Materi genetik dilindungi oleh selubung protein yang disebut dengan Kapsid yang tersusun atas kapsomer ( jadi Virus tidak berbentuk sel )
·         Kapsid besama materi genetik disebut Nukleokapsid.

Reproduksi daur hidup Virus
1.      Siklus Litik meliputi fase ;
a.       Adsorbsi, yaitu fase dimana ekor Virus menempel pada dinding sel bakteri ( sel inang ) pada daerah reseptor (penerima) yang khusus.
b.      Injeksi, yaitu fase masuknya materi genetik Virus ke dalam sel inang.
c.       Sintesis, yaitu DNA Virus mengadakan replikasi diri menjadi banyak, kemudian mengadakan sintesis protein kapsid sehingga terbentuk DNA Virus dan Kapsid dalam jumlah banyak.
d.      Perakitan, yaitu masuknya DNA Virus dalam Kapsid; terbentuk 100 – 200 Virus baru.
e.       Litik, yaitu sel inang mengalami lisis sehingga Virus-Virus baru terhambur keluar.
2.      Siklus Lisogenik meliputi fase ;
a.    Adsorbsi, yaitu menempelnya ekor Virus pada dinding sel bakteri pada daerah reseptor (penerima) yang khusus.
b.    Injeksi, yaitu fase masuknya materi genetik Virus ke dalam sel inang
c.    Penggabungan, yaitu DNA virus menyisip ke dalam DNA bakteri; DNA virus disebut profag
d.    Pembelahan yaitu jika sel bakteri membelah menjadi 2. DNA virus juga ikut dalam proses pembelahan itu sehingga setiap sel anak bakteri mengandung profag.
e.    Sintesis, yaitu DNA virus mereplikasi diri dan mensintesis protein kapsid
f.     Perakitan, yaitu DNA virus masuk ke dalam kapsid
g.    Litik , yaitu sel bakteri mengalami lisis (pecah)

Peran Virus dalam aspek kesehatan masyarakat.
Peranan Virus yang merugikan /menyebabkan penyakit pada manusia.

Contoh penyakit pada manusia yang disebabkan Virus :
Demam berdarah, Aids, Poliomielitis, Campak, Gondong, Rubela, Cacar, Influenza, Rabies, Herpes.

Bahaya penyakit AIDS berdasarkan tingkat virulensinya.











Lampiran 2 Perangkat Penilaian
Instrumen Penilaian
1.      Jelaskan struktur tubuh Virus !
2.      Gambar dibawah ini menunjukkan Siklus hidup Virus.
a.    Sebutkan nama fase A, B, C, D dan E dari siklus hidup Virus tersebut.
b.    Jelaskan pula proses yang terjadi pada setiap fase A, B, C, D, E








Rubrik Penilaian
No
Jawaban
Skore
1
Struktur Tubuh Virus :
·         Terdiri atas materi genetik berupa DNA atau RNA.
·         Materi genetik dilindungi oleh selubung protein yang disebut dengan Kapsid yang tersusun atas kapsomer ( jadi Virus tidak berbentuk sel )

8
2a
A = fase Adsorbsi
B = fase Injeksi
C = fase Sintesis
D = fase Perakitan
E = fase Litik
4
2b
A =  Adsorbsi, yaitu fase dimana ekor Virus menempel pada dinding sel bakteri
        ( sel inang ) pada daerah reseptor (penerima) yang khusus.
B  =  Injeksi, yaitu fase masuknya materi genetik Virus ke dalam sel inang.
C  =  Sintesis, yaitu DNA Virus mengadakan replikasi diri menjadi banyak,
         kemudian mengadakan sintesis protein kapsid sehingga terbentuk DNA
        Virus dan Kapsid dalam jumlah banyak.
D =   Perakitan, yaitu masuknya DNA Virus dalam Kapsid; terbentuk 100 – 200
         Virus baru.
E =  Litik, yaitu sel inang mengalami lisis sehingga Virus-Virus baru terhambur
        keluar.
5 x 4

Jumlah skor
    32
                        jumlah skor yang diperoleh     
       Nilai =    ________________________  X 100
                         Total skor maximal (32)
                            

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar